Kuisioner

Apakah Anda mengenal senipotek?

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday346
mod_vvisit_counterYesterday331
mod_vvisit_counterThis week976
mod_vvisit_counterLast week2380
mod_vvisit_counterThis month346
mod_vvisit_counterLast month9174
mod_vvisit_counterAll days148285

Online (20 minutes ago): 1
Your IP: 54.90.176.79
,
Today: Sep 01, 2014
LatestKarena Keramik Selalu Unggul....

Sebagai material pelapis lantai, keramik dapat disebut sebagai jawaranya. Selain untuk menutup lantai dan...
+ baca

LatestBisnis Properti Dongkrak Industri Keramik 13%

Industri keramik nasional berpeluang tumbuh di atas 13% tahun ini, menyusul pesatnya bisnis properti sehingga...
+ baca

LatestMelakukan CSR dengan SENIPTEG

Salah satu program CSR yang bermanfaat dengan dana terbatas adalah melakukan pelatihanSENIPOTEG. Bagaimana...
+ baca

Another Articles
Home News Tanah Liat atau Tanah Putih
Tanah Liat atau Tanah Putih PDF 

Istilah keramik berasal dari Yunani yaitu KERAMOS yang artinya tanah liat yang dibakar.Kenyataan demikian, bahwa semua barang yang disebut barang keramik sudah pasti terbuat dari bahan baku yang berupa tanah liat.

Bahasa Indonesia sendiri sebetulnya sudah mempunyai istilah sendiri terhadap barang-barang yang terbuat dari tanah liat ini yaitu TEMBIKAR. Tetapi sayang istilah ini tidak dipopulerkan dan dimasyarakatkan dengan baik .Banyak istilah-istilah dari luar yang terpaksa kita adaptasi bukan karena tidak mengenalnya atau karena kita harus mengimpornya, tetapi dikarenakan bangsa Indonesia mengenal teknologi keramik belakangan, misalnya: istilah kaolin.

Di Indonesia dikenal sebagai tanah yang berwarna putih oleh karena itu disebut tanah putih, sedangkan tanah liat yang betul-betul liat kita menamakannya lempung. Tanah putih ini banyak terdapat di pulau Bangka dan Belitung bahkan merupakan kaolin yang terbaik didunia.

Lalu mengapa tanah putih itu disebut kaolin? Ini ada sejarahnya yaitu ketika orang Barat mengunjungi China pada jaman dahulu dan mendapatkan bahwa China suah mengenal barang-barang keramik yang bernilai tinggi, dan ketika mereka menanyakan rahasianya maka mereka menyebut nama KAO LIANG .

Itu adalah nama dataran yang seperti bukit yang terdapat tanah putihnya. Kao Liang terdengar seperti kaolin pada gilirannya tanah putih itulah yang disebut sebut kaolin hingga kini oleh seluruh manusia didunia . Kaolin sendiri terminology sciencenya adalah primary clay yaitu tanah yang masih murni karena belum terkontaminasi apapun sehingga warnanya sangat putih dan tidak plastis seperti adiknya yaitu tanah liat.

Derajat keputihan kaolin dapat mencapai diatas 95%. Kaolin sering dikaitkan sebagai bahan baku keramik . Ttu memang betul karena kaolin dapat dicampur dengan tanah liat untuk membuat adonan adonan keramik tertentu terlebih dalam pembuatan adonan glasur.

Tetapi kaolin bukan hanya digunakan untuk adonan adonan bahan keramik saja,banyak juga digunakan untuk keperluan keperluan industri lain karena warnanya yang sangat putih,tidak plastis dan tidak mudah bereaksi itu . Kaolin digunakan juga dalam industri kertas, cat dan obat-obatan.

Kaolin adalah bagian dari dunia keramik seperti halnya dengan tanah liat karena kerduanya adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat barang-barang. Keramik. Keduanya adalah clay, yang satu primary clay sedangkan yang satunya lagi adalah secondary clay.

Kesimpulan tentang apa itu keramik yaitu bahwa keramik adalah semua produk yang terbuat dari tanah(liat).

 

Add comment


Security code
Refresh

Banner

feed-image Feed Entries


Powered by Joomla!. Designed by: free joomla templates  Valid XHTML and CSS.