Kuisioner

Apakah Anda mengenal senipotek?

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday60
mod_vvisit_counterYesterday189
mod_vvisit_counterThis week60
mod_vvisit_counterLast week2013
mod_vvisit_counterThis month6624
mod_vvisit_counterLast month9174
mod_vvisit_counterAll days154563

Online (20 minutes ago): 5
Your IP: 54.161.143.22
,
Today: Sep 21, 2014
LatestBisnis Properti Dongkrak Industri Keramik 13%

Industri keramik nasional berpeluang tumbuh di atas 13% tahun ini, menyusul pesatnya bisnis properti sehingga...
+ baca

LatestKarena Keramik Selalu Unggul....

Sebagai material pelapis lantai, keramik dapat disebut sebagai jawaranya. Selain untuk menutup lantai dan...
+ baca

LatestMelakukan CSR dengan SENIPTEG

Salah satu program CSR yang bermanfaat dengan dana terbatas adalah melakukan pelatihanSENIPOTEG. Bagaimana...
+ baca

Another Articles
Home Senipoteg & Art Ceramic Kerajinan Keramik
Kerajinan Keramik

Sumber: jindchem.com

Teknologi keramik yang dikenal masa kini adalah merupakan hasil dari pengembangan yang terus menerus yang berbasis pada kerajinan keramik dimasa lalu. Pada awalnya pembuatan barang-barang keramik dikerjakan dengan cara yang sangat sederhana. Menggunakan alat yang sederhana pula. Cara pembuatan dan teknik-teknik pembuatan barang keramik itu diturunkan antara generasi menjadi kerajinan keramik tradisionil sampai sekarang.

Material yang digunakan adalah tanah liat yang langsung diambil dari alam.Tanah liat yang digunakan untuk membuat barang barang kerajinan ini langsung diambil dari alam tanpa diproses terlebih dahulu. Dahulu orang tidak melapisi barang keramik dengan lapisan glasur. Pembakarannyapun hanya menggunakan bahan bakar alam yang berupa daun kering, jerami, kayu bakar sebelum orang mengenal batu arang dan bahan bahan bakar yang lebih baik seperti minyak dan gas.

Kerajinan tanah liat sampai sekarang masih tetap digemari baik yang dibuat secara tradisionil maupun oleh para seniman modern masa kini yang menggunakan alat dan metoda yang lebih modern pula. Sudah lama orang menggunakan barang barang terutama perabotan rumah tangganya yang terbuat dari keramik dan sampai sekarangpun demikian.

Dapat dipastikan di setiap tempat dimana manusia bermukin akan selalu dijumpai kerajinan dari tanah liat yang dikenal sebagai kerajinan keramik. Kerajinan dari tanah liat inilah yang paling banyak dikenal orang karena hasilnya dapat diperoleh dengan mudah. Mulai dari barang keramik gerabah seperti tempayan, gentong, kendi yang tidak berglasur. Sampai keramik berasal dari Cina, seperti piring mangkok yang sangat terkenal.

Tetapi jika kita telaah lebih jauh lagi ,ternyata kerajinan keramik yang ada bukan hanya kerajinan yang dibuat dari bahan tanah liat saja. Seiring dengan kemajuan zaman, sekarang dapat ditemukan kerajinan kerajinan keramik dibuat bukan dari tanah liat tetapi dari keramik yang sudah jadi (sudah selesai dibakar).

Misalnya kerajinan Mosaik. Sehubungan dengan keberadaan mosaic dan kerajinan potong tegel maka kerajinan keramik kemudian dibagi ke dalam dua jenis yaitu kerajinan keramik sebelum bakar dan kerajinan keramik setelah bakar.

Baca juga

Bagaimana Saya Menemukan Senipoteg

Senipoteg Bukan Semata-mata Alat

Training Senipoteg

 
Banner



Powered by Joomla!. Designed by: free joomla templates  Valid XHTML and CSS.